REHABDAS

  


Daerah Aliran Sungai yang selanjutnya disingkat DAS adalah suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan, dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan.

Penanaman dalam Rangka Rehabilitasi DAS yang selanjutnya disebut Penanaman Rehabilitasi DAS adalah penanaman di dalam dan di luar kawasan hutan yang merupakan salah satu kewajiban pemegang izin pinjam pakai kawasan hutan dan pemegang Keputusan Menteri tentang Pelepasan Kawasan Hutan akibat tukar menukar kawasan hutan sebagai upaya untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi DAS.

Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan yang selanjutnya disingkat IPPKH adalah izin yang diberikan untuk menggunakan kawasan hutan guna kepentingan pembangunan di luar kegiatan kehutanan tanpa mengubah fungsi dan peruntukan kawasan hutan. 

Kunjungi halaman web Konsultan IPPKH terpercaya di Indonesia : www.kilausurya.co.id

Permasalahan lingkungan di negara berkembang memang tidak ada habisnya. Namun seringkali masalah lingkungan dikesampingkan demi kepentingan warganya. Padahal hal tersebut tidaklah benar. Keseimbangan dan terjaganya lingkungan akan menjauhkan warga dari dampak bencana yang ditimbulkan dan dengan demikian kenyamanan warga akan terjaga. Adapun permasalahan lingkungan yang timbul seringkali sejalan dengan perkembangan penduduk yang pesat. Tingginya kebutuhan lahan perumahan menjadikan banyak sekali kasus alih fungsi lahan untuk perumahan. Tanpa disadari kerusakan inilah yang membawa bencana semakin besar.

Sungai merupakan salah satu ekosistem yang kondisinya semakin memprihatinkan. Terlebih lagi di daerah kota-kota besar yang padat penduduk. Keberadaan sungai seakan tak dihiraukan dan dijaga akan tetapi jika timbul bencana seperti banjir, sungai menjadi titik fokus yang selalu dipermasalahkan. Pembangunan liar di bantaran sungai, pembuangan limbah sampah, serta penggundulan tepian sungai menjadi beberapa faktor penyebab betapa memprihatinkannya kondisi sungai saat ini.

Untuk mengembalikan kelestarian kondisi sungai dan daerah di sekitar alirannya, diperlukan langkah konkret yakni rehabilitasi daerah aliran sungai atau DAS. Kegiatan rehabilitasi DAS ini memang bukanlah kegiatan yang simple dan instan. Perlu banyak persiapan, perhitungan, dan konsistensi dalam melakukannya. Melihat fakta ini, keberadaan sebuah perusahaan rehabilitasi DAS sangatlah diperlukan guna mengembalikan fungsi DAS. Perusahaan rehabilitasi DAS biasanya akan bekerja sama dengan perusahaan tertentu yang memegang izin peminjaman lahan sungai atau bisa juga bekerja sama dengan instansi pemerintahan terkait yang menangani permasalahan lingkungan.

Dalam menjalankan fungsinya, sebuah perusahaan rehabilitasi DAS bertanggung jawab atas pelaksanaan rehabilitasi DAS. Kegiatan yang dilakukan dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan. Karena proses rehabilitasi DAS hendaknya berjalan secara kontinu, maka sebuah perusahaan rehabilitasi DAS tidak boleh berhenti di tengah jalan dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Serangkaian proses rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi daerah di sepanjang aliran sungai, memerlukan orang-orang yang berkompeten di bidang lingkungan. Oleh karena itu, sebuah perusahaan rehabilitasi DAS hendaknya memiliki sumber daya manusia yakni karyawan yang cukup mumpuni di bidang ini. sebagai klien, perusahaan yang membutuhkan jasa perusahaan rehabilitasi DAS ataupun instansi pemerintahan, hendaknya cermat dalam menentukan perusahaan rehabilitasi DAS yang akan diajak kerja sama.

Meskipun keberadaan perusahaan rehabilitasi DAS di Indonesia masih tergolong kecil yakni sekitar 10% saja, akan tetapi peranannya sangatlah besar. Karena kegiatan yang dilakukan juga penting, maka dalam memilih perusahaan rehabilitasi DAS tidak bisa dilakukan sembarangan. Prestasi perusahaan, hasil kerja, dan banyaknya rekanan perusahaan perlu dipertimbangkan sebelum ditentukan hendak memilih perusahaan rehabilitasi DAS mana

Kami memiliki komitmen unutk menjadi salah satu penyedia rehabilitasi DAS karena kami miliki tim berpengalaman dan profesional serta telah mengerjakan banyak program dalam rehabilitasi DAS.

Jasa rehabilitasi DAS yang profesional dapat dilihat dari kinerjanya sebelum pelaksanaan rehabilitasi, selama proses dan setelah proses. Sebelum proses rehabilitasi daerah aliran sungai dilaksanakan, perusahaan penyedia kami akan membuat rancangan program rehabilitasi DAS terlebih dahulu. Setelah rancangan ini disetujui oleh pihak-pihak terkait seperti pemerintah daerah dan client, barulah kegiatan rehabilitasi dilaksanakan dengan menggunakan rancangan yang telah disetujui sebagai acuan kegiatan. Adapun selama pelaksanaan rehabilitasi, standar operasional hendaknya dipenuhi.

KONTAK KONSULTASI REHABLITASI DAS

Perusahaan : PT Kliausurya Alam Lestari
Offlicial Web : www.kilausurya.co.id 
Telp dan wa : 0812-7991-0832

Post a Comment

Previous Post Next Post