Tanam 400 Bibit Pohon untuk RehabDAS

 

Menurut Adetya Bayu Nasution, Mine Rehabilitation and Reclamation Department Head PT Adaro Indonesia mengatakan, pekerjaan rehabilitasi DAS yang notabene berada di luar area tambang dan merupakan area yang kritis unsur hara merupakan salah satu pekerjaan menarik dan sangat menantang.

“Dengan adanya kegiatan penanaman melibatkan pihak-pihak terkait ini diharapkan selain menambah motivasi pekerjaan untuk hasil maksimal, juga dapat memberi nilai tambah, bahwa ternyata ada kewajiban lain perusahaan tambang pemegang IPPKH yaitu menanam di luar area,” kata Bayu.

Demplot Kiram ini juga berdekatan dengan wisata air terjun Janda Beranak Tiga yang lokasinya masih berada di area Rehab DAS PT Adaro Indonesia blok 1 petak 6.

Sesuai tujuan awal Rehab DAS selain memperbaiki ekosistem tanah di area kritis juga dapat menjadi potensi wisata baru yang akhirnya menambah pendapatan masyarakat sekitar.

Sebanyak 400 bibit pohon seperti gamal, johar, eukaliptus, beringin, kayu putih, dan sepatu dea ditanam di area Air Terjun Janda Beranak Tiga di Desa Kiram Kabupaten Banjar.

Penanaman ini sesuai arahan dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, PT Adaro Indonesia untuk menanami bibit pohon di demplot rehabilitasi DAS yang berlokasi di blok 1 petak 8 dan 9 Desa Kiram Kabupaten Banjar, Rabu (13/4/2022).

Walaupun kegiatan penanaman dilaksanakan saat Ramadan, tidak menjadikan 40 orang personil yang dibagi menjadi 2 tim ini patah semangat. Mereka tetap saling bahu-membahu menanam bibit pohon yang sudah dipersiapkan di sekitar lokasi tanam.

Bukan perkara mudah melakukan penanaman dalam kondisi seperti ini. Selain puasa, panas terik, dan medan yang menanjak dengan elevasi 45 derajat menjadi tantangan tersendiri.

Namun, pembagian tim memang sedari awal dipersiapkan dengan matang, dari tim pembawa bibit, pembawa pupuk, dan yang bertugas menyiapkan lubang tanam.

sumber: kilausurya

Post a Comment

Previous Post Next Post