Macam-macam sebab kebakaran Hutan


Sebelum membahas mengenai kebakaran, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa definisi dari api. Dalam hal ini, tentu api memiliki peran sebagai penyulut sebuah kebakaran yang terjadi di suatu tempat. Api yang semula kecil bisa menjadi besar dan membuat kebakaran.

Api merupakan suatu reaksi dari kimia yang terbentuk dari tiga unsur yaitu panas, oksigen, dan bahan bakar yang menghasilkan cahaya dan panas. Ketiga unsur tersebut tergabung dan menjadi suatu elemen yaitu api. Itu sebabnya api yang kita lihat sekarang dapat menghasilkan cahaya dan juga rasa panas di sekitarnya.

beli sekarangBanyak sekali hal-hal yang perlu diketahui tentang air, api, dan udara, seperti kegunaan, sifat, sumber, dan bahayanya. Buku ini sangat cocok untuk Adik-adik yang ingin mengetahuinya. Belajar menjadi menyenangkan dan menambah wawasan.

Kebakaran itu sendiri adalah api yang tidak terkendali yang dapat merusak keselamatan dan harta benda di sekitar kita. Sifat dari kebakaran sebelum api menjadi sangat besar, biasanya membakar benda-benda di dekatnya dalam waktu 3 hingga 10 menit. Itulah sebabnya kebakaran jika terjadi di pemukiman akan merembet ke rumah-rumah terdekatnya. Terlebih lagi jika kebakaran tersebut terjadi di hutan. Semua kehidupan di hutan seperti flora, fauna, bahkan manusia bisa ikut mati karena kebakaran yang terjadi.

Kebakaran hutan sendiri dapat terjadi oleh 2 sebab, yang pertama adalah karena kejadian Alami yang kdeua adalah ulah dari manusia, lebih lengkapnya seperti berikut:

Kejadian alam 

Sebagian kecil penyebab kebakaran hutan terjadi karena kondisi alam itu sendiri. Berikut beberapa penjelasannya: 

  1. Petir. Sambaran petir bisa menimbulkan percikan api yang menimbulkan kebakaran. Sambaran ini sering mengenai benda yang tinggi seperti pohon, tebing atau batuan, atau kabel listrik. 
  2. Erupsi gunung berapi. Lahar panas yang melewati hutan bisa memicu kebakaran. 
  3. Iklim. Suhu yang tinggi terutama akibat pemanasan global, bisa menyebabkan hutan terbakar. Biasanya suhu panas mulai membakar ranting atau dedaunan kering yang kemudian meluas karena adanya tiupan angin, serta curah hujan yang rendah. 

Ulah manusia 

Berikut adalah berbagai ulah manusia yang bisa menyebabkan kebakaran hutan: 

  1. Penggunaan api untuk persiapan lahan. Masyarakat di sekitar hutan biasanya membakar lahan untuk membuat perkebunan, seperti sawit, kopi, dan coklat. Cara bahaya ini dipilih karena lebih mudah dan lebih cepat. 
  2. Merokok. Terdapat kebiasaan orang merokok sambil mengemudi, berjalan, atau bersepeda di sekitar hutan. Lalu mereka membuang puntung rokoknya begitu saja tanpa benar-benar mematikannya. Perkemahan. 
  3. Membakar sampah. Membakar sampah menjadi kebiasaan di beberapa daerah tanpa menyadari dampaknya. Baik dampak langsung berupa polusi udara, maupun risiko membakar hutan. 
  4. Kembang api. Manusia sering menyalakan kembang api ketika perayaan sesuatu. Hanya butuh satu percikan api, sudah bisa menjadi penyebab kebakaran hutan. 
  5. Api unggun yang dinyalakan di perkemahan bisa berbahaya jika tidak dimatikan dengan cara yang benar. Api unggun akan ditinggal karena dikira apinya sudah padam. Ternyata masih ada titik api di bawahnya dan bisa memicu kebakaran hutan yang lebih luas. 
  6. Illegal logging. Kegiatan ini menghasilkan lahan yang mudah terbakar karena meninggalkan sisa daun dan ranting kering yang berpotensi menjadi bahan bakar ketika ada percikan api atau panas. 
  7. Perambahan hutan. Migrasi penduduk ke dalam hutan, baik disadari atau tidak, akan menyebabkan kebutuhan lahan untuk hidup semakin luas. Ini akan membuat penduduk tersebut membakar hutan untuk kepentingan lahan mereka. 

Itu dia penyebab kebakaran hutan. Semoga kita bisa mencegah kebakaran hutan bersama-sama, ya.

sumber: kompas

1 Comments

  1. The cause why cartoon slot themes should be picked extra carefully is as a result of|as a result of} slot builders don’t need their sport to attraction to children, so that they have to make use of properties which younger folks will be unfamiliar with. It has been stated; Slot gamers do not lose as a result of|as a result of} they by no means win; they lose as a result of|as a result 카지노 가입쿠폰 of} they don't quit once they're forward... When a bonus spherical occurs, it ALWAYS appears the bonus spherical occurs 2 or 3 extra instances in a brief interval after the first bonus spherical, then no bonuses for ages - and masses of cash gone. Slot gamers are stated to both win or lose; they by no means "maybe win" or "maybe lose," or by no means "virtually win."

    ReplyDelete
Previous Post Next Post