Ini 5 Kewajiban Kita Kepada Hutan

Hutan dan manusia memang bukan entitas yang hidup bersama dalam satu tempat meskipun didalam hutan ada manusia yang tinggal, namun sejatinya hutan bukan tempat tinggal manusia, namun apakah manusia tidak membutuhkan hutan? justru sebaliknya manusia adalah salah satu makhluk yang sangat membutuhkan hutan, tidak terbayangkan bagaimana jadinya bumi kita ini jika tidak ada hutan lagi.

Hutan tidak hanya bermanfaat untuk manusia, tetapi juga bagi satwa atau binatang liar, seperti harimau, gajah, burung, dan lainnya. Kewajiban manusia terhadap hutan Dikutip dari buku Pelestarian Flora dan Fauna (2009) karangan Daryanto, manusia harus menjaga dan melestarikan hutan. Karena dengan hal itu, kelestarian hutan akan tetap terjaga, serta kehidupan satwa liar pun akan terlindungi dan merasa nyaman. 

Baca juga: Perubahan Iklim Tingkatkan Risiko Kematian Pohon HutanNaik 2 Kali Lipat 

Manusia sebagai makhluk hidup berkewajiban menjaga ekosistem serta lingkungan alam sekitarnya. Salah satunya hutan. Manusia sering memanfaatkan hutan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai contoh, hutan dimanfaatkan untuk mencegah erosi dan menjaga kesuburan tanah. Menurut Endang Suhendang dalam buku Pengantar Ilmu Kehutanan: Kehutanan sebagai Ilmu Pengetahuan, Kegiatan, dan Bidang Pekerjaan (2013), hutan adalah lahan yang tertutup oleh tumbuhan dan pepohonan yang tinggi. 

Baca juga: Hindari Penggundulan Hutan, Guru Besar IPB Temukan Konsep Silvikultur untuk Tebang Pohon

Lima kewajiban manusia terhadap hutan adalah: 

  1. Wajib melakukan reboisasi di daerah hutan yang gundul Setelah menebang pohon berusia tua, manusia berkewajiban untuk melakukan reboisasi atau menanam kembali pohon di daerah hutan yang gundul atau tanah yang gersang. 
  2. Wajib tidak berburu hewan liar Kewajiban manusia terhadap hutan adalah tidak berburu hewan liar hanya untuk dijual atau dimanfaatkan bagian tubuhnya. Ini berlaku untuk semua hewan yang tinggal di hutan, termasuk binatang yang terancam punah dan dilindungi.
  3. Wajib tidak menebang pohon sembarangan Artinya tebanglah pohon yang sudah berusia tua.
  4. Wajib tidak membuang sampah di hutan Manusia wajib menjaga kelestarian dan kebersihan hutan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan di hutan.
  5. Wajib tidak membakar hutan Maksudnya manusia tidak boleh membakar hutan hanya untuk membuka lahan atau tujuan lainnya. 

Baca juga: Jasa Pengurusan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH)

Post a Comment

Previous Post Next Post