Dubes Uni Eropa sebut Pemanfaatan Hutan Bisa Capai Emisi Nol Bersih


“Anda lebih tahu daripada saya betapa kayanya hutan di Indonesia, dan pemanfaatan hutan sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya praktik di masa lalu, namun dilakukan secara bekelanjutan. Kami melihat hal itu berkembang cukup pesat di Indonesia,” katanya.

Hal ini juga diwujudkan olehnya dengan berkolaborasi dengan Gerakan Hutan Itu Indonesia (HII) yang diselenggarakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022 untuk mengadopsi 1.100 pohon di Jawa Barat untuk menggerakkan inisiatif orang-orang demi menjaga hutan dan mengatasi perubahan iklim.

Pemanfaatan hutan di Indonesia sangat penting untuk mengatasi perubahan iklim dan menjadi faktor penting untuk mencapai emisi nol bersih. 

Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket pada pertemuan bertajuk “Muda Bersuara 2022” yang diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) pada Jumat, 30 September 2022.

“Saya pikir banyak praktisi tahu bagaimana Uni Eropa telah bekerja pada masalah iklim, mungkin sekitar empat atau tiga dekade, sehingga kami memiliki jumlah yang sangat banyak sekarang dan tersedia di tingkat pemerintah, masyarakat sipil, dan perusahaan,” ujarnya.

Piket juga mengungkapkan bahwa, meskipun telah mengalami pasang surut pada harga karbon perdagangan emisi di Uni Eropa selama 30 tahun, hal itu tetap berhasil.

BACA JUGA : Mojekerto Apel Siaga Pengendalian Karhutla

“Itu telah menghasilkan banyak dana, pendanaan sektor swasta untuk investasi karbon, peralatan alami, dan instalasi.”

Indonesia menjadi salah satu negara paling rentan di dunia terhadap perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca. Sebagai negara tropis, hawa panas dan kelembapan ekstrem akan berdampak pada kesehatan manusia hingga infrastruktur dan produktivitas tenaga kerja.

Oleh karena itu, demi meningkatkan ambisi iklim dan mendukung negara ini menjadi negara berpenghasilan tinggi pada 2045, serta menekan angka kemiskinan ekstrem, Indonesia bekerja sama dengan Uni Eropa yang telah berpengalaman selama beberapa dekade.

Oleh karena itu, Piket menyatakan bahwa pemanfaatan hutan di Indonesia adalah agenda yang ingin dia dorong untuk mencapai emisi nol bersih dan mengatasi perubahan iklim di Indonesia.

sumber: tempo

Post a Comment

Previous Post Next Post